Friday, March 11, 2016

Cara Agar Hidup Lebih Hemat Terutama Para Pelajar

Dalam kehidupan ini kita tak lepas dengan kegiatan transaksi jual beli, dalam transaksi ini seseorang bisa memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya. Setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda, tak terkadang kebutuhan dan keinginan tersebut tak bisa kita raih dikarenakan kurangnya  alat pendorong kegiatan ekonomi yaitu
uang.

Harta melimpah ruah akan habis seketika bila kita tidak bisa mengaturnya. Masalah dalam hal mengatur keuangan kerap terjadi pada setiap orang. Namun hal tersebut dapat diatasi.
Oleh karena itu kali ini kita akan membahas "Cara Agar Hidup Lebih Hemat Terutama Para Pelajar"

Kenapa diutamakan para pelajar?

Alasannya simple, karena yang nulis artikel ini masih pelajar, jadi semua yang akan kita bahas kali ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang mungkin berbeda dengan orang yang sudah tamat sekolah.

Lanjut aja ke materi :D , berikut cara-caranya : 

 1.Buat skala prioritas

Skala prioritas adalah suatu daftar bermacam macam kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kepentingannya,yaitu dari yang paling penting sampai dengan kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya.
Agar kita bisa hemat, tentunya utamakan kebutuhan yang tingkat kepentingannya lebih tinggi.

2.Hapus pengeluaran rutin yang kurang bermanfaat

Pengeluaran rutin yang kurang bermanfaat dikalangan pelajar biasanya seperti main game online atau yang lebih parahnya rokok.

3. Bawa makanan ke sekolah

Cara ini cukup efektif buat kita yang mau berhemat. Karena selain kita kenyang, uang kita juga aman. Makanan yang dimakanpun aman dan sehat, karena pada umumnya jajanan sekolah belum tentu sehat bahkan bisa membahayakan seperti pada minyak goreng yang dipakai para pedagang biasanya jarang diganti.

4.Jangan memilih pola hidup konsumtif

 

Pola hidup konsumtif yaitu pola hidup seseorang yang lebih suka membeli dari pada memproduksi. Contoh aja ketika HP ada kerusakan sedikit, kita lebih membeli yang baru daripada memperbaikinya.

 5.Stop rasa gengsi dan minder berlebihan


 Didalam kehidupan bermasyarakat nasib setiap orang berbeda-beda. Terkadang disana kita merasa ada kesenjangan sosial merasa diri rendah. Nah rasa gengsi ingin seperti orang lain yang hidup royal tersebut harus dihilangkan karena dampak buruk dari  sifat tersebut akan menimpa kehidupan kita sendiri. Jadi buat kalian yang mau berhemat jangan ada gengsi-gengsian yaa :D .

Kesimpulan

Buat kalian yang berhemat, kalian gak akan rugi siapapun orang itu mau yang kaya atau yang hidup sederhana. Intinya kita hidup jangan terlalu berlebihan. Ayo kita berhemat, berhemat pangkal kaya :D .
Banyak banyak berdoa aja yaa, akhir-akhirnya kembali ke diri kita masing-masing :D .
Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat , kurangnya mohon dimaafkan, bila ada yang mau menambahakan atau ada yang mau mengoreksi silahkan di kolom komentar.
Terima kasih sudah berjunjung di blog ini.


 

1 comment: